-->

Pelatihan Fotografi Bersama Fotografer Pontianak Post


Dunia kali ini semakin canggih, menawarkan kreativitas dari berbagai sisi, sehingga menimbulkan semangat anak-anak muda untuk menyampaikan pesan atau informasi yang ingin disalurkan dengan cara kreatif dan informatif, salah satunya ialah dalam hal dokumentasi dan fotografi yang pada saat ini diminati semua kalangan, mengingat sosial media bisa digunakan siapa saja.


Melihat fenomena itu, SADAP (Satu Dalam Perbedaan) Indonesia, mengadakan pelatihan fotografi untuk para volunteernya, bersama dengan pemateri dari Fotografer Pontianak Post yang sudah mumpuni dibidangnya yaitu bang Haryadi, bertempat di Sekretariat Bersama SADAP di Jalan Merdeka Gang Aman No. 28. Sabtu, (7/3) Siang.


Volunteer dan Anggota SADAP-pun kian menyimak apa yang disampaikan oleh bang Haryadi, karena ini merupakan meteri baru dan pelatihan pertama yang ada di Volunteer SADAP.




Materi yang disampaikan oleh bang Haryadi ialah berupa Human Interest, yang dimana Human Interest ialah suatu teknik potret dari suatu kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana atau mood dan dapat menimbulkan simpati orang yang melihatnya, Menampilkan sisi interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya.
 
Bisa benda, alam, binatang yang menyampaikan pesan emosi, kesedihan, bahagia, dll. Untuk membuat foto Human Interest sendiri punya berbagai unsur berupa foto yang memancing rasa simpatik, dalam hal ini foto terkandung berupa perjuangan atau kesedihan yang ada didalamnya.

Haryadi/Pontianak Post

dan beberapa unsur lainnya ialah belajar menunggu momen yang tepat sehingga tidak akan ketinggalan momen yang sekiranya berharga, tidak menganggu orang lain dalam hal ini menganggu kenyamanan orang lain yang merasa terusik dengan cara pengambilan foto kita, serta menghargai privasi yang dimana tidak sembarangan mengambil foto orang lain, contoh ialah foto tersangka yang terkena kasus polisi.

Memotret tentang isu keberagaman sesuai dengan tujuan dari organisasi SADAP itu sendiri dapat dilakukan, momen yang dimana semua agama ikut serta untuk berdoa bersama sehingga foto ini menimbulkan pesan bahwa keberagaman itu penting, sehingga banyak yang melihat agar meminimalisir terjadinya konflik antar agama kembali.
Haryadi/Pontianak Post
Berapa Komposisi fotopun juga dilakukan yang dimana definisi komposisi foto ini ialah meliputi beberapa unsur garis, bentuk, warna,terang dan gelap. Beberapa tipe dalam komposisi foto ialah Angle Of View, Bird Eyes, High Angle, Frog Eyes, Low Angle, Eye Level, Framing, Siluet, Refleksi dan Field Of View. Berikut Hasil beberapa foto saya







Kegiatan ini diakhiri dengan praktik singkat mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan dalam proses pengambilan pada ilmu fotografi. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan foto bersama antara Sadap, pemateri serta seluruh peserta.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelatihan Fotografi Bersama Fotografer Pontianak Post"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel