-->

Etika Saat Meeting Atau Kuliah Online

Hai Assalamu'alaikum semua, akhirnya saya kembali lagi mengisi artikel di blog ini, kali ini saya akan memberitahu kawan-kawan semua etika meeting atau kuliah online, sebab disaat seperti ini kita terpaksa melakukan segala aktivitas online disebabkan oleh virus covid-19 yang masih mewabah dimana-mana. Nah dalam 2 minggu ini saya amati masih banyak ternyata pengguna video chat atau tele-conference terutama mahasiswa yang masih tidak menjalankan etika yang baik saat kuliah online, maka dari itu saya ingin membagikan beberapa tips yang boleh kamu simak di bawah ini.

1. Set Ruangan
Cari tempat yang enak dan tidak ribut, usahahakan cari ruangan yang minim orang jika ada keluarga di rumah, usahakan jangan sambil tiduran, karena itu tidak elok atau tidak sopan, anggaplah seperti saat kita meeting atau kuliah seperti biasanya, dalam artian set up your space. Usahakan posisimu saat di camera jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, cari angle yang pas sesuai kamera/webcam yang digunakan.

2. Check Tampilan Kamu
Usahakan mandi terlebih dahulu dan terlihat bersih saat bersiap untuk melakukan meeting online atau kuliah online, pakailah pakaian yang rapi sesuai dengan yang seperti biasanya, jika ada kemeja boleh pakai itu terlebih dahulu walaupun celananya masih celana pendek tidak apa-apa, asalkan kamu di depan layar tampak baik. Dan tidak memakai baju yang garis-garis, sebab di kamera garis-garis tersebut akan ke distrak, bakal muncul kelap kelip garis yang sangat menganggu, hindari pakai baju yang terang, karena nanti kameranya akan menganggap itu warna latar saat di video chat.

3. Persiapan Saat Hendak Melakukan Meeting atau Kuliah
Segala peralatanmu diatur sedemikian rupa, misalnya seperti microfon, webcam, headset, baterai, listrik dan wifi/kuota yang kamu gunakan dsb. Pelajari cara membisukan atau mute audio kamu, sebab jika banyak anggota yang tidak mute video, meeting atau kuliah online akan kacau karna banyaknya suara yang masuk, gunakan audiomu saat hendak bertanya, hal ini juga menyelamatkanmu jika ada salah satu keluargamu yang ribut. Jangan lupa dicatat apa yang disampaikan sipengajar baik catat melalui laptop atau kertas di buku.

4. Cara Membagikan Layar
Jangan lupa jika kita kebagian jatah untuk membagikan layar laptop atau handphone kita kepemateri dan peserta yang lainnya, usahakan untuk menyembunyikan terlebih dahulu hal-hal yang sensitif atau aktivitas pribadimu, misal file film bajakan atau notifikasi chat yang nantinya akan menganggu aktivitas meeting atau kuliah onlinemu. Jika ini dilakukan pada dekstop laptopmu, hilangkan dulu semua icon dan ganti walpaper laptopmu dengan standart laptop pada umumnya.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan teman-teman yang sudah baca. Terima kasih sudah membaca. Nantikan artikel-artikel lainnya. Wassalamu'alaikum.


Referensi: Kang Pukis (Kelas Terbuka)
Source Gambar:  pexels.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Etika Saat Meeting Atau Kuliah Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel